Tes Urine, 3 Sopir Bus AKAP Positif Konsumsi Narkoba

Kepolisian menggelar pengamanan di beberapa titik seperti terminal, pelabuhan, serta bandara dalam Operasi Ketupat Musi 2019. (Mata Angin/Narazaya Ilmi)

MATA ANGIN — Sebanyak 3 sopir bus angkutan kota antar provinsi (AKAP) positif mengonsumsi narkoba usai menjalani tes urine yang dilakukan jajaran Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Selatan di Terminal Alang-alang Lebar, Selasa (28/5/2019).

Direktur Reserse Narkoba Polda Sumsel Kombes Pol Farman mengatakan, Polda Sumsel mengandeng Pomdam II/4 Palembang dan Dishub Kota Palembang melakukan razia narkoba sebagai bagian dari Operasi Ketupat Musi 2019. Razia dilakukan di beberapa tempat seperti terminal, pelabuhan, serta bandara.

“Untuk hari ini baru kita lakukan di terminal Alang-alang Lebar. Hasilnya dari 25 orang sopir yang kita tes urinenya, 3 orang positif mengandung narkoba. Selanjutnya yang positif urinenya tersebut kita amankan untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Farman.

Farman mengatakan, razia narkoba dilakukan sebagai upaya menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat yang mudik agar sampai dengan selamat di lokasi tujuan. Sopir dan kernet yang mengonsumsi narkotika atau pun minuman beralkohol, ujar dia, sudah tentu membahayakan keselamatan para penumpang bus.

Lihat Juga :  Intip Makanan Pasien COVID-19 di Wisma Atlet, Ini Menunya

“Kita mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dimulai dari razia seperti ini. Sudah tentu sopir yang mengonsumsi miras atau narkoba tidak layak untuk mengendarai bus dan membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain,” ungkap dia.

Dirinya berujar, selama beberapa pekan kedepan, dengan menerjunkan 100 personil setiap kegiatannya, akan terus melakukan razia di lokasi-lokasi rawan.

“Operasi-operasi lainnya seperti pencegahan peredaran narkoba di wilayah Sumsel pun terus dilakukan untuk menjaga kekondusifan wilayah selama hari raya,” ungkap dia. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*