Sumsel Produksi 400 Kaleng Pindang Ikan Patin

Produksi Ikan Patin di Sumsel terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun (FOTO: IST)

MATA ANGIN, PALEMBANG – Pindang patin yang merupakan makanan Sumsel. Kini, dijadikan sebagai makanan kaleng. Inovasi ini pertama kali dilakukan setelah diujicoba selama satu tahun di Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbangnovda) Sumsel.

Kepala Balitbangnovda Sumsel, Ekowati Retnoningsih mengatakan selama ini pihaknya telah melakukan penelitian bagaimana cara agar pindang ikan patin itu dapat dikalengkan. Mengingat, selama ini pindang patin tersebut hanya dimakan secara segar di Sumsel. Dengan dikalengkannya pindang ikan patin maka umur simpannya lebih lama dan berkualitas serta dapat dibawa kemana-mana.

“Kami sudah meneliti ini setahun, kemudian kami ujicobakan rasanya barulah kami memulai produksi ini,” katanya.

Untuk pindangnya sendiri, dipilih secara seleksi dan didapatkanlah pemenangnya yakni desa binaan di Talang Kepuh, Gandus, Palembang. Kemudian, pihaknya memakai resep pindang patin tersebut untuk dijadikan pindang kaleng.

Menurutnya, pindang yang diproduksi ini mewakili rasa pindang lainnya. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bakal ada pindang lain yang bakal dikalengkan.

Lihat Juga :  Lion Air Beri Diskon 50 Persen Untuk Para Pemudik

“Untuk tahap awal ini baru diproduksi 400 kaleng. Nantinya, akan bergulir dan menambah jumlah produksinya agar semakin besar,” terangnya.

Untuk biaya produksinya, dikarenakan teknologi inkubator pengalengan dan lab dari pemerintah maka ada subsidi bagi UMKM. Namun, mereka harus membayar kaleng yakni berkisar Rp 7 ribu hingha Rp 7.500 dan ini sebagai tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sumsel.

Untuk harga jualnya, nantinya tergantung dari UMKM. Namun, pihaknya merekomendasikan harga pindang ikan patin ini seharga Rp 25 ribu.

“Nantinya para UMKM lainnya juga dapat bekerja sama jika ingin memproduksi makanan kaleng,” (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*