Sepak Bola Bergulir, Ini Daftar Kompetisi di Bawah Naungan PSSI Sepanjang Tahun 2020

Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan memiliki sejumlah agenda sepanjang 2020 (FOTO: IST)

MATA ANGIN, PALEMBANG – PSSI akan menjalankan berbagai macam kompetisi sepanjang tahun 2020. Tidak tanggung-tanggung, banyak kompetisi yang akan dijalankan oleh induk sepak bola tertinggi di Indonesia tersebut.

Liga 1, Liga 2, Liga 3, dan Piala Indonesia menjadi program utama yang harus dijalani PSSI. Untuk menunjang pembinaan usia muda, PSSI juga kembali menggulirkan Elit Pro Academy (EPA) Liga 1 U-20, U-18, dan U-16.

Selain itu, PSSI juga akan menggulirkan Piala Soeratin U-17, U-15, U-14, U-13, dan U-12.

Liga 1 Putri turut akan kembali bergulir pada musim 2020, ditambah dengan Piala Pertiwi yang dikhususkan bagi sepak bola wanita.

Khusus untuk Liga 1 dan Liga 2, sama seperti sebelumnya akan dijalankan melalui operator PT Liga Indonesia Baru (LIB, dan tetap dalam pengawasan dari PSSI.

Kompetisi internasional juga akan dijalankan oleh PSSI. Di antaranya Liga Champions Asia 2020, di mana Bali United sebagai kampiun Liga 1 2019 yang menjadi wakil, namun sudah tersingkir.

Selain Liga Champions Asia, PSSI juga ikut serta di Piala AFC 2020 atau kompetisi kasta kedua di tingkat Asia.

Untuk Piala AFC diwakili oleh Bali United yang tersingkir dari Liga Champions Asia, serta PSM Makassar jawara Piala Indonesia musim lalu.

Lihat Juga :  Hamilton Hadiahi Mobil F1 Untuk Bocah Pengidap Kanker

Kemudian, PSSI juga akan menggulirkan kompetisi sepak bola pantai. PSSI berharap melalui sepak bola pantai, bisa meningkatkan promisi di daerah-daerah yang ada di Tanah Air.

“Program melaksanakan sepak bola pantai dengan target mempromosikan sepak bola pantai melalui turnamen daerah,” tulis PSSI dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Sabtu (1/2/2020).

Namun, belum diketahui kapan kompetisi-kompetisi itu digelar. Baru Liga 1 2020 saja yang sudah dipastikan bakal kick off pada 29 Februari mendatang. (*)

Berikut program kompetisi PSSI sepanjang tahun 2020:

Kompetisi – Edukasi

Kompetisi – Pemerintahan

Kompetisi Internasional

Piala Indonesia

Liga 1, Liga 2, dan Liga 3

EPA Liga 1 U-16, EPA Liga 1 U-18, dan EPA Liga 1 U-20

Soeratin U-17, Soeratin U-15, Soeratin U-14, Soeratin U-13, dan Soeratin U-12

Liga 1 Putri

Sepak bola pantai

Piala Pertiwi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*