Proyek Tol Lampung – Palembang Tunggu Penyelesaian Jembatan Sungai Sodong, Mesuji OKI

Megaproyek Tol Trans Sumatera yang ditarget pada Juni mendatang akan bisa terintegrasi Lampung Hingga Palembang (FOTO_DOK MATA ANGIN)

MATA ANGIN — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, M Basoeki Hadimoeljono menyebut jika pembangunan Lampung – Palembang sudah mulai berjalan.

Basoeki optimistis jika Tol Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah menuju Palembang sepanjang 350 kilometer mulai beroperasional Juni mendatang. “Sebelum Juni statusnya fungsional tapi belum beroperasional,” katanya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, setelah Juni, semua perlengkapan baik sarana dan prasarana ditarget rampung. Ia menegaskan, jika pihaknya telah melihat kondisi pembangunan di daerah Pematang Panggang, Kabupaten Ogan Komering Ilir.

“Saat ini hanya ada satu jembatan yang belum selesai pengerjaannya di Sungai Sodong, Kecamatan Mesuji, Kabupaten OKI, Sumsel. Untuk jembatan sepanjang 120 meter ini kami targetkan April selesai,” ujarnya.

Jika jembatan rampung, lanjutnya, Kemen PUPR bisa segera melakukan pengerasan jalan pada Juni. Kemudian baru bisa terintegrasi mulai dari Terbanggi Besar, Pematang Panggang, Kayuagung dan Palembang.

“Jadi ini bukan ke Palembang – Betung. Tapi hanya sampai Palembang dulu. Sudah Idul Fitri mudah mudahkan bisa operasional. Tapi sebelumnya sudah bisa dilintasi meski belum ada gerbang (gate) dan rest area. Bahkan belum kita patok tarif karena statusnya masih fungsional,” tegasnya.

Lihat Juga :  Lion Air Beri Diskon 50 Persen Untuk Para Pemudik

Presiden Jokowi sendiri menegaskan pembangunan jalan tol di Indonesia merupakan proyek yang besar dan harus berkelanjutan hingga selesai. Jalan Tol Bakauheni, Lampung – Palembang ini akan disambungkan hingga ke seluruh daerah di Sumatera.

Jokowi menilai, jika integrasi jalan tol di Pulau Sumatera dapat memunculkan titik pertumbuhan perekonomian yang baru. Tidak hanya menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, juga bisa membuat kawasan wisata yang baru dan lama akan lebih berkembangan dan mudah untuk diakses.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*