Perangi Covid-19, Konveksi Zalikha Bagikan Ribuan Masker Gratis Bagi Masyarakat

Konveksi Zhalika membagikan ribuan masker gratis untuk memerangi pandemik Covid-19 di Palembang, Sumatera Selatan. (FOTO: Mata Angin/Yuni Rahmawati)

MATA ANGIN, PALEMBANG – Konveksi Zalikha yang terletak di Jalan Pipareja, Sekip Ujung, Kecamatan Kemuning, Palembang membagikan ribuan masker kain gratis bagi masyarakat untuk mencegah penyebaran pandemik Covid-19.

Pemilik Konveksi Zalikha, Dodi Fajri mengatakan, pada mulanya dirinya membagikan kabar pembagian masker gratis tersebut di akun media sosial Facebook. Tak butuh lama hingga informasi tersebut disambut baik masyarakat, keesokan harinya banyak orang meminta masker yang dibagikan gratis tersebut.

“Awalnya saya keluarin modal Rp1,5 juta untuk buat masker. Cuma beberapa hari langsung habis,” ujar Dodi.

Melihat antusias masyarakat yang sangat menyambut niat baiknya tersebut, Dodi kembali merogoh kocek pribadinya sendiri sebesar Rp5 juta. Hingga akhirnya beberapa orang temannya yang mendukung inisiatif Dodi pun turut menyumbangkan uang untuk produksi masker gratis tersebut. 

Dodi pun mengklaim masker buatannya tersebut aman digunakan karena diproduksi dengan kain berlapis tiga pelindung. Hingga dua pekan sejak dirinya melakukan hal tersebut, Dodi sudah memproduksi sebanyak 6.000 masker dan sudah dibagikan seluruhnya. Dirinya pun bahkan mengirim sebanyak 300 masker ke Bangka dan Bandung.

“Tapi fokus kami tetap di Palembang. Kami juga sudah menyiapkan bahan untuk pembuatan masker lagi. Perkiraan sampai 12 ribu masker,” kata Dodi.

Atas niat baiknya tersebut, saat ini dirinya menerima pesanan pembuatan masker dari RSUP Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang yang diperuntukan kepada pengunjung rumah sakit.

Dodi mengaku niat mulianya ini bermula atas keprihatinannya terhadap Covid-19 yang semakin mewabah, bahkan beberapa warga Sumsel khususnya Palembang telah terpapar pandemi tersebut. Timbul niatnya untuk membantu mengantisipasi dan memutus rantai penularan Covid-19 ini

Lihat Juga :  Cegah Penyebaran Corona, ACT Semprot Disinfektan di JPO dan Halte

“Awalnya kita niat cuma untuk membantu saudara kita di sekitar sini. Tapi gak disangka, kabar baik ini disambut dengan antusias oleh masyarakat,” ujar dia.

Sebanyak 12 orang pegawai yang telah bekerja sejak 12 tahun silam konveksi tersebut berdiri mendukung niat baik Dodi. Para pegawainya tersebut tidak keberatan tidak ada upah dalam memproduksi maske tersebut.

“Mereka bilang, nggak masalah bang,.yang penting kami susah dan senang sama abang. Dan itu membuat saya terharu,” katanya berkaca-kaca.

Dirinya mengimbau kepada warga yang masih membutuhkan masker bisa datang langsung ke tokonya. Selama barang masih tersedia, dirinya masih akan terus memproduksi masker yang dibagikan gratis tersebut.

“Jadi bagi teman-teman yang butuh masker. Dipersilakan datang dengan membawa data diri. Agar niat baik ini tidak dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab Kami berjanji akan terus membantu. Saya berharap semoga teman seprofesi bisa turut ambil andil dalam melakukan hal baik ini,” harapnya.

Insyallah kami terus membagikan masker sampai pandemi ini berakhir. Sampai tidak ada lagi peminat masker ini,” tuturnya. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*