Nethavani dan Jauhari Johan Raih Juara di Palembang Triathlon 2020

Peserta triatlon mulai menjalani etape bersepeda. (FOTO: IST)

MATA ANGIN, PALEMBANG – Palembang Triathlon sebagai ajang pembukan Indonesia Triathlon Series (ITS) 2020, mulai digelar di Jakabaring Sport City, Kota Palembang, Sumatera Selatan, 22-23 Februari. Dalam ajang kali ini dua atlet nasional Nethavani Octaria dan Jauhari Johan mampu meraih juara pada kategori elite female dan elite men.

Nethavani yang merupakan peraih medali perunggu dalam Sea Games Filipina 2019, mampu mencatatkan waktu 2 jam 22 menit dan 08 detik. Kemudian disusul oleh Inge Prasetyo dengan 2 jam 26 menit 18 detik, untuk peringkat ketiga diraiih Varra Dinda yang mencatatkan waktu 2 jam 31 menit 12 detik.

Peserta Triatlon memasuki garis finish (FOTO: IST)

Sementara untuk kategori elite men, Jauhari Johan mampu menorehkan waktu tercepat dengan catatan 2 jam 05 menit. Kemudian ada atlet triathlon asal Australia, Blake Kappler yang mendudui posisi kedua dengan waktu 2 jam 06 menit 18 detik, di posisi ketiga ada M Ahlulfirman yang mencatat waktu 2 jam 07 menit 46 detik.

Nethavani Octaria mengatakan, pelaksaan kejuaraan triathlon di Palembang memiliki tantangan tersendiri karena harus menyiapkan fisik yang ekstra. Selain harus menyeberangi danau yang airnya tenang sejauh 1500 meter, fisik lebih terasa saat rute sepeda dengan melintasi Jembatan Amprea sejauh 40 kilometer.

Lihat Juga :  Kas Hartadi Resmi Tukangi Sriwijaya FC : Ini Seperti Kembali ke Rumah Saya Sendiri

“Motivasi, mental harus kuat. Target saya harus dapat meraih poin maksimal di setiap seri untuk kejuaraan dunia,” katanya, Sabtu (22/2).

Di har pertama, Palembang Triathlon mempertandingkan kategori Elite (atlet nasional), Military (anggota TNI & Polri) dan Youth (14-16 tahun). Peserta kategori Elite dan Military masing-masing akan berenang 1.500 meter, bersepeda 40 kilometer dan berlari 10 kilometer. Sementara kategori Youth berenang 300 meter, bersepeda 10 kilometer dan berlari 3 kilometer. Sedangkan di hari kedua, kategori yang dipertandingkan yaitu age group, yakni kelompok umur. Peserta kategori ini terdiri dari jarak sprint distance dan standard distance. Kedua jarak ini bisa dilakukan secara individual atau relay.

Para peserta dari berbagai kategori akan berenang di Danau Jakabaring, bersepeda melintasi Jembatan Ampera dan berlari mengitari Jakabaring. Selain Palembang, 5 triathlon ITS lainnya yang digelar tahun ini, yakni Jakarta, Bandung, Belitung, Mandalika, dan Pariaman Triathlon. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*