Mahfud MD : Segera Lakukan Penilaian Ulang di Jajaran Kementerian Agama

MATA ANGIN — Pascamencuatnya kasus dugaan jual beli jabatan yang diungkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI terhadap Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuzy beberapa waktu lalu,juga mendapatkan perhatian serius dari Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahmud MD.

Dalam kunjungannya ke Palembang, Rabu (20/03/2019) di Hotel Swarna Dwipa, Mahfud mengimbau agar penilaian ulang (assessment) terhadap jajaran pejabat Kementerian Agama RI dilakukan secara total.

Ia menjelaskan jika kasus yang terjadi terhadap Romi masuk dalam kasus pidana, yang melakukan suap menyuap dalam jual beli jabatan. Tentu proses hukum dilakukan yakni hukum pidana yang dilakukan oleh KPK. Dengan jual beli jabatan tersebut artinya timbul masalah baru yakni pengangkatan dan jabatan yang diberikan Kemenag dilakukan secara tidak profesional.

“Permasalahan ini, dalam hal pengangkatan dan pemberian jabatan secara tidak profesional harus diselesaikan secara hukum administrasi negara,” tegasnya.

Ia menilai jika peninjauan ulang terhadap jabatan jabatan yang ada tersebut dapat dilakukan dengan mengaju Hukum Administrasi Negara.  

“Kalau ternyata benar terjadi ada indikasi tersebut, maka pemberian jabatan itu dapat dibatalkan secara hukum. Makanya assessment itulah yang harus dilakukan secara total untuk mengantisipasi terjadinya kasus serupa,” kata dia.  Kedatangan Mahfud MD ke Palembang sendiri sebagai pembicara dalam sarasehan dan dialog kebangsaan Merajut Kebhinekaan mewujudkan kebersamaan dan kesejahtaraan.

Seperti diketahui, mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy ditetapkan sebagai tersangka bersama Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur, Haris Hasanuddin. Dalam kasus tersebut, KPK menduga, Romi menerima suap dalam seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi di Kemenag.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*