Lima Rumah Sakit di Sumsel Jadi Rujukan Pasien Covid-19

Pengawasan terhadap orang yang masuk ke wilayah Sumatera selatan terus diperketat. (FOTO: IST)

MATA ANGIN, PALEMBANG– Sebanyak lima rumah sakit (RS) dipersiapkan untuk menjadi rujukan pasien covid-19 di Sumsel yakni RSUP Dr Mohammad Hoesin Palembang, RSUD Lahat, RSUD Kayu Agung, RSU Provinsi Siti Fatimah Palembang, dan RSUD Dr Rivai Abdullah Banyuasin.

Pemilihan rumah sakit ini berdasarkan aturan dari Keputusan Menteri Nomor 169 tahun 2020 tentang penetapan rumah sakit rujukan penanggulangan penyakit infeksi emerging tertentu. “Satu rumah sakit di Lubuklinggau tidak memenuhi syarat jadi tidak bisa dijadikan rujukan,” kata Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Sumatera Selatan, Yusri.

Yusri mengatakan sampai saat ini sudah ada 70 orang yang di dalam pemantauan ODP. Mereka tersebar di Kota Palembang, Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Prabumulih, Musi Banyuasin, dan Muara Enim. “Namun saat ini tinggal 21 orang saja yang masih dipantau. Yang lain sudah dinyatakan sehat,” kata dia.

Adapun untuk pasien dalam pengawasan ada tiga orang dan semua negatif terjangkit covid-19 setelah spesimen mereka diteliti di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes). Sampai sekarang belum ada yang dinyatakan positif covid-19.

Lihat Juga :  Darurat Corona, Pengakses Mobile Legend dan Situs Bokep Meningkat

Pengawasan terhadap orang yang masuk ke wilayah Sumatera selatan terus diperketat. Orang yang mengalami batuk, demam, dan pilek masuk dalam orang yang dipantau, terutama orang yang pernah masuk ke negara-negara terjangkit covid-19.

Alat thermalscenner pun juga dipasang untuk memantau kedatangan penumpang di jalur domestik. Pengetatan ini dilakukan karena sudah ditemukan sejumlah kasus covid-19 di Indonesia. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*