Kantongi Akreditasi “BAIK SEKALI”, Universitas Indo Global Mandiri Bidik Jadi PTS Terbaik di Sumbagsel

Rektor UIGM, Marzuki Alie saat memberikan keterangan persnya di hadapan jurnalis melalui aplikasi Zoom Meeting, Jumat (9/10/2020) / FOTO: SIDI SUTAN

MATA ANGIN, PALEMBANG – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengeluarkan peringkat BAIK SEKALI kepada Universitas Indo Global Mandiri (UIGM).

Hasil ini ditetapkan BAN-PT melalui laman daring Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) hari ini Rabu (7/10/2020), setelah Universitas Indo Global Mandiri menggelar asesmen lapangan, September lalu secara daring di Kampus Sudirman. Peringkat tersebut didapat berdasarkan penilaian dari dokumentasi yang disiapkan selama hampir 3 tahun, sesuai petunjuk IAPT 3.0, kemudian divisitasi oleh asesor BAN PT di lapangan.

Upaya sosialisasi yang dilakukan pun mampu terserap dengan maksimal. Yang sebelumnya menggunakan 7 standar, sekarang sudah menggunakan 9 kriteria berdasarkan instrumen akreditasi perguruan tinggi (IAPT) 3.0 dengan basisnya harus berdasarkan input, proses, output, dan outcome.

Masa pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia pun turut berdampak pada proses asesmen. Untuk pertama kali, proses asesmen lapangan baru pertama kali dilakukan dengan metode dalam jaringan (daring).

Seluruh dosen dan karyawan UIGM pun telah mengikuti jalannya sosialisasi persiapan AL Daring PT dan Program Studi Batch 12 melalui media video conference aplikasi Zoom, Selasa (8/9/2020).

Puncaknya, Universitas Indo Global Mandiri melaksanakan asesmen lapangan BAN-PT selama dua hari, 17 – 18 September 2020 di Aula Lantai III Gedung B Kampus Universitas IGM. Meski dilakukan secara daring, pelaksanaan asesmen lapangan yang menghadirkan Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, yakni Prof Dr Marwan Asri, MBA (Universitas Gajah
Mada), Siti Wachidah, PhD, Ph.D, MA (Universitas Negeri Jakarta) dan Dr. Ing Adang Suhendra, SSi, S.Kom, MSc (Universitas Gunadarma) dapat berjalan dengan lancar.

Rektor Universitas Indo Global Mandiri, Dr H Marzuki Alie, SE MM menegaskan, jika Universitas Indo Global Mandiri mendapatkan nilai 326 terakreditasi “BAIK SEKALI”. Pihaknya yakin nilai tersebut belum optimal krn kendala dalam komunikasi melalui daring. Meski demikian, dengan hasil ini dirinya optimis jika UIGM akan menjadi PTS terbaik di Sumbagsel pada tahun 2021 mendatang.

Lihat Juga :  Persaingan Para Petarung Canggih Di Atas Langit Asia Tenggara

“Kedepannya sesuai dengan roadmap UIGM, dalam 5 tahun ke depan, UIGM sudah akan go Internasional. Mulai tahun ini, komunikasi di internal UIGM akan dilakukan dalam 2 bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris, baik dari pimpinan tertinggi sampai pekerja penata kampus. Saya berharap dukungan semua dosen, mahasiswa, dan keluarga besar IGM untuk secara bersama
berkolaborasi memenuhi kewajiban Tridarma, khususnya dalam Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas IGM, Dr.Sumi Amariena Hamim, ST.,M.T., IPM., ASEAN Eng, menambahkan, Universitas Indo Global Mandiri menerapkan Kampus Merdeka- merdeka belajar.

Memberikan kesempatan mahasiswa sebanyak tiga semester melakukan kegiatan pembelajaran di luar Program Studi, seperti pertukaran pelajar, magang/praktik kerja, asisten mengajar di satuan
pendidikan, penelitian riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi proyek independen dan membangun desa/KKN. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, siap kerja dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Universitas IGM memberikan support penuh kepada seluruh dosen untuk melanjutkan studinya menuju jenjang Strata 3 di Universitas dalam negeri maupun luar negeri. Melalui kolaborasi internasional dan lembaga sertifikasi profesi Universitas IGM saat ini Universitas IGM siap meningkatkan kompetensi SDM dan lulusan sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan Profesional University pada tahun 2023. (sidi sutan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*