Ini Sosok Pemancing Berjibaku Selamatkan Puluhan Siswa SMP N 1 Turi yang Hanyut Seorang Diri

Sudarwanto lias Kodir, warga Dusun Kembagarum Desa Donokerto, Kecamatan Turi. (FOTO: IST)

MATA ANGIN, TURI – Tragedi hanyutnya ratusan siswa SMP Negeri 1 Turi saat mengikuti kegiatan susur sungai Pramuka, Jumat (21/02/2020) menyisakan sejumlah cerita.

Salah satunya, pengalaman berharga bagi Sudarwanto, warga Dusun Kembagarum Desa Donokerto, Kecamatan Turi. Sore itu, sebelum peristiwa yang merenggut nyawa 10 orang siswa sekolah tersebut, ia hendak bersiap memancing.

Petani berusia 37 tahun yang dipanggil Kodir oleh tetangganya ini memang hampir setiap hari, dia memancing di Kali Sempor yang melintasi Dukuh, dusun di timur Kembangarum.

Sudah menjadi kebiasaan, apalagi sehabis turun hujan deras di sini (Turi) atau di atas sana [Merapi] ikan-ikan akan banyak,” kata dia, Minggu (23/2/2020), seperti dilansir akun instagram @ndorobeii.

Kodir sudah turun ke kali sore itu. Namun, belum sempat ditaruhnya alat pancing, dia mendengar terdengar suara minta tolong. Puluhan murid SMPN 1 Turi yang mengikuti susur sungai di Kali Sempor terjebak arus yang deras.

“Saya langsung lari ke bawah, ternyata ada sekumpulan anak-anak dengan seragam Pramuka yang minta tolong, ada juga yang menangis, saya langsung terjun ke sungai,” kata Kodir.

Dia menjadi satu-satunya orang yang menyelamatkan puluhan siswa yang terjebaj arus deras tersebut. “Saya mengambil tangga agar mereka bisa naik ke sisi sungai. Tangga juga saya pakai untuk menyeberangi Kali Sempor. Saat itu siswa yang hanyut kebanyakan wanita.” Di hari nahas itu, kedalaman Kali Sempor yang biasanya hanya setengah meter menjadi sekitar dua meter.

Lihat Juga :  Hand Sanitizer Langka di Pasaran, SMA LTI IGM Ramu Produk Secara Mandiri

“Anak-anak banyak yang nangis, saya sih maunya nolong semuanya, tapi apa boleh buat, saya hanya berusaha semaksimal mungkin, saya saja hampir tenggelam,” kata dia.

Kodir tak menghitung berapa jumlah siswa yang ia selamatkan di Kali Sempor. Yang dia ingat adalah suara tangisan dan wajah ketakutan. “Saya sedih kalau mengingat kejadian itu.”

Kodir menjadi viral di medsos setelah akun Facebook Antox King mengunggah penyelamatan siswa SMPN 1 Turi yang hanyut di Kali Sempor di Grup Facebook Mancing Mania Jogjakarta (MMJ) pada Sabtu (22/2/2020) pukul 17.53 WIB. Akun Antox King dimiliki oleh Sudianto, 43, tetangga Kodir di Kembangarum.

“Saya bagikan ke grup Facebook Mancing Mania Jogjakarta agar para pemancing lainnya terinsipirasi, sampai saat ini sudah ada 8.000 komen dan like, kebetulan saya dan Mas Kodir hobi mancing. Semoga kebaikan Mas Kodir menular kepada pemancing lainnya,” kata Sudianto. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*