Gubernur Sumsel Tetapkan Status Waspada Virus Corona

Gubernur Sumsel Herman Deru menetapkan status waspada virus corona (Covid-19) sejak Senin (16/3/2020). (FOTO: Humas Pemprov Sumsel)

MATA ANGIN, PALEMBANG – Gubernur Sumsel Herman Deru menetapkan status waspada virus corona (Covid-19) untuk kawasan Sumatera Selatan. Berbagai instansi terkait dilibatkan dalam pertimbangan penetapan status ini.

Herman Deru mengatakan, beberapa revisi dilakukan oleh Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Corona Sumsel mengingat presiden menunjuk BNPB sebagai pelaksana penanganan Corona di Indonesia. Untuk itu BPBD ditunjuk menjadi ketua Satgas penanganan Corona di Sumsel dengan Profesor Yuwono sebagai juru bicara pemerintah Provinsi Sumsel. 

“Status waspada ini bisa berubah suatu-waktu tergantung situasi yang berkembang. Masyarakat jangan resah jika mendapat informasi yang tidak dapt dipertanggungjawabkan. Kita akan lebih ketat mengawasi pintu masuk bandara dan terminal. Pintu masuk tidak resmi juga kita awasi. Kita harap peran masyarakat juga membantu kita,” ujar Deru.

Menurut Deru, yang terpenting dari status waspada Corona ini berbagai elemen di pemerintahan terutama satgas harus memastikan bahwa stok bahan pangan, peralatan kesehatan harus tersedia dan dapat dipertanggungjawabkan. 

“Satgas ini bahkan sudah saya resmikan sebelum Keputusan Presiden (Kepres) nomor 7 tahun 2020 terkait gugus tugas penanganan Corona,” ujar dia. 

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Corona Sumatera Selatan Profesor Yuwono mengatakan, penunjukan dirinya menunjukan bahwa semua elemen di Sumsel memiliki visi yang sama serta pemahaman mengenai pencegahan corona. Hal ini tentu menjadi keprihatinan mengingat wabah cepat menyebar. 

“Ini siklus pandemik, wabah tentu ada durasinya. Untuk itu detailnya akan kita bagikan informasinya setelah bekerja,” kata dia. (*)

Lihat Juga :  Kepolisian Palembang Persiapkan Antisipasi Gelombang Massa ‘People Power’

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*