Duka Paskah di Sri Lanka, 8 Ledakan Ratusan Jiwa Melayang

8 serangkaian ledakan menewaskan ratusan orang di Kolombo, Sri Lanka, Minggu (21/4/2019). (istimewa)

MATA ANGIN — Sebanyak 8 serangkaian ledakan terjadi di Sri Lanka saat sebagian warganya sedang merayakan Hari Raya Paskah, Minggu (21/4/2019). Ratusan korban meninggal dunia pada ledakan yang terjadi di 5 kota yang berbeda.

Melansir dari CNN, 4 ledakan terjadi di ibukota Sri Lanka, Kolombo, 1 gereja, 2 hotel, dan 1 di depan Kebun Binatang Dehiwala.

Dilaporkan AFP, sumber dari aparat kepolisian menyatakan setidaknya 138 orang meninggal. Sebagian 45 orang meninggal di tiga hotel dan sebuah gereja di Kolombo.

Kemudian, sebanyak 67 orang lainnya meninggal karena ledakan di sebuah gereja di Negombo, utara Kolombo, dan 25 orang meninggal di kota Batticaloa, Sri Lanka bagian timur.

Hingga kini, belum ada pihak yang mengaku bertanggungjawab atas kejadian naas tersebut. “Rapat darurat dalam beberapa menit. Operasi penyelamatan sedang berlangsung,” ujar Menteri Reformasi Ekonomi dan Distibusi Publik Sri Lanka Harsha de Silva melalui akun Twitter resminya yang dikutip AFP.

Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena mengaku terkejut oleh ledakan tersebut. Sirisena juga meminta warganya tetap tenang. Perdana Menteri Sri Lanka Rani Wickremesinghe juga mengutuk perbuatan tersebut.

Lihat Juga :  Tekuk Tottenham, Man City Salip The Reds ke Puncak Klasemen Sementara Liga Inggris

“Saya sangat mengutuk serangan pengecut pada warga kami hari ini,” tegas Wickremesinghe melalui akun Twitter.

Senada dengan Sirisena, Wickremesinghe juga mengajak warga Sri Lanka tetap kuat dan bersatu. Selain itu, Wickremesinghe juga meminta warganya untuk tidak menyebarkan pemberitaan yang belum terverifikasi maupun spekulasi.

“Pemerintah tengah mengambil langkah cepat untuk mengendalikan situasi,” ujarnya.

Ledakan pertama di terjadi di Gereja St Anthony di Kolombo dan Gereja St Sebastian di Negombo. Sumber menyatakan puluhan orang yang terluka di Gereja St Anthony telah dibawa ke Rumah Sakit Nasional Kolombo. (*/cnnid)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*