Cegah Penyebaran Corona, ACT Semprot Disinfektan di JPO dan Halte

ACT Palembang menyemprot disinfektan di jembatan penyeberangan orang dan halte untuk mencegah penyebaran corona. (FOTO: Mata Angin/Melati Arsika)

MATA ANGIN, PALEMBANG – Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) melakukan penyemprotan disinfektan di jembatan penyeberangan orang (JPO) dan halte bus Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di seberang SMA 3 Palembang, Rabu (18/3/2020). Tindakan tersebut sebagai upaya pencegahan menyebarnya virus corona (covid-19).

Para relawan ACT mendatangi JPO dan halte berpakaian lengkap dengan menggendong alat penyemprot disinfektan. Satu orang mengenakan alat pelindung diri (APD) berwarna jingga dan membawa alat semprot. Sementara relawan lainnya membagikan masker kepada masyarakat sekitar.

Kepala Cabang ACT Palembang Deni Marlesi mengatakan, fasilitas publik seperti JPO dan halte bus merupakan lokasi yang rentan penyebaran virus dari Wuhan tersebut.

“Tempat umum itu sering dilalui masyarakat bahkan bersentuhan langsung. Sehingga sangat dimungkinkan penyebaran virus Corana ini di tempat umum. Kegiatan ini sebagai bentuk aksi kami merespon situasi terkini terkait menyebarnya virus corona,” ujar Deni di sela kegiatan.

Deni mengungkapkan, kegiatan preventif tersebut akan terus dilakukan hingga satu-dua pekan ke depan. Tidak hanya fasilitas publik, ACT Palembang akan melakukan penyemprotan di pusat keramaian lainnya.

Lihat Juga :  Dihantam Badai Pandemi, Sektor UMKM Tempe Mulai Berangsur Stabil
Relawan ACT Palembang pun membagikan masker kepada masyarakat sekitar yang beraktifitas di JPO dan halte bus. (FOTO: Mata Angin/Melati Arsika)

Seraya melakukan penyemprotan dan bagi-bagi masker, ACT Palembang pun mengedukasi masyarakat mengenai hidup bersih sebagai penguat bagi imun tubuh.

“Kami melakukan edukasi hidup bersih, menjaga etika batuk, dan jaga jarak. Sebisa mungkin masyarakat tidak melakukan aktivitas di luar,” ucap dia.

Tidak hanya hal itu, Deni mengaku pihaknya bakal membagikan hand sanitizer kepada masyarakat Palembang. ACT yang bekerja sama dengan komunitas Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) mengajak untuk semua pihak terutama komunitas dan perusahan atau masyarakat lainnya untuk melawan corona.

“Kita lakukan bersama-sama, Insya Allah penyebaran ini bisa kia antisipasi,” pungkas dia. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*