Antisipasi Corona, UIN Palembang Tunda Wisuda dan Setop Kuliah Tatap Muka

UIN Raden Fatah Palembang meniadakan kuliah tatap muka dan menunda wisuda hingga Rabu (1/4/2020) mendatang dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. (FOTO: Ilustrasi, Facebook UIN Raden Fatah Palembang)

MATA ANGIN, PALEMBANG – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang menunda pelaksanaan wisuda dan kuliah tatap muka untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 atau virus corona. Kebijakan tersebut diberlakukan sejak Senin (16/3/2020) hingga Rabu (1/4/2020) mendatang.

Dalam surat edaran yang diterima oleh Mata-Angin.co.id, beberapa poin kebijakan yang diberlakukan yakni peniadaan kuliah tatap muka dan menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti wisuda, kuliah kerja nyata (KKN), seminar, praktek profesi lapangan (PPL) dan lainnya.

“Menunda semua kegiatan akademik dan nonakademik yang melibatkan lebih dari 15 orang,” seperti tertera daam surat edaran bernomor SE-188/Un.09/1.3/HK.00.7/03/2020 yang ditandatangani oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang Sirozi.

Dalam surat edaran diituliskan, kegiatan perkuliahan diganti dengan kuliah daring atau kuliah jarak jauh dengan memanfaatkan tiga alternatif yakni e-learning, media sosial, dan memberikan tugas dalam bentuk book review, chapter report, anotasi, atau membuat karya ilmiah.

Tidak hanya itu, layanan administrasi umum, akademik dan keuangan pun diimbau untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi e-office.  Dalam surat itu juga petinggi UIN Raden Fatah mengimbau bagi mahasiswa untuk menghindari kontak fisik dan melakukan social distancing (menjaga jarak aman mencegah penularan) kepada siapapun.

Lihat Juga :  17 Agustus, Shelter Dempo Ajak Para Petualang Kibarkan Sang Merah Putih di Puncak Bukit Besar

Mahasiswa yang menempati asrama di Rafah Student Residence pun diimbau untuk membatasi aktifitas di luar asrama dan mengikuti kegiatan perkuliahan nontatap muka yang ditentukan oleh dosen.

Pihaknya pun mengimbau untuk menyediakan peralatan untuk pencegahan di aera masing-masing fakultas dan unit dengan menyediakan sanitizer, masker, dan peralatan lain yang dibutuhkan.

“Kepala seluruh anggota sivitas akademika dan keluarga besar UIN Raden Fatah Palembang agar mengambil tindakan yang diperlukan. APabila merasakan sendiri atau mengetahui munculnya gejala terpapar virus corona dengan mengikuti protokol pencegahan dan penanganan yang telah ditentukan oleh pemerintah dan WHO,” ujar Sirozi dalam surat edaran. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*