200 Ribu Lebih Kendaraan Lintasi Tol Palindra Selama Arus Mudik 2019

Barang perlengkapan di Tol Kayuagung-Palembang dicuri dan dirusak oknum tidak bertanggung jawab. (Foto Ilustrasi: Narazaya Ilmi)

MATA ANGIN — Terjadi peningkatan signifikan terhadap penggunaan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) saat arus mudik Lebaran 2019 ini. Tercatat, rata-rata 15 ribu kendaraan hilir mudik di tol tersebut setiap harinya. Hingga Sabtu (8/6) lalu tercatat sudah 200 ribu lebih kendaraan melintas di Tol Palindra. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu dengan rata-rata kendaraan yang melintas hanya 12 ribu perhari atau total 168 ribu kendaraan.

Kepala Operasional Hutama Karya (HK) Cabang Tol Palindra Darwan Edison mengatakan, pihaknya menetapkan arus mudik-balik dari H-10 pada 26 Mei lalu hingga H+10 pada 16 Juni mendatang.

“Kondisi arus mudik dan balik yang menggunakan tol Palindra terpantau aman dan lancar. Pemudik yang melintasi tol Palindra ini asalnya dari beberapa daerah seperti Jambi, Bangka, Pekanbaru, Padang, dan tentunya Palembang,” ujar dia, Selasa (11/6/2019).

Puncak arus mudik sendiri terjadi pada Sabtu (1/6) yang mencapai 14.982 kendaraan melintas. Sementara puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Sabtu (8/6) lalu dengan 20.653 kendaraan melintas.

“Peningkatan penggunaan tol Palindra didorong adanya tol Palembang-Lampung yang sudah beroperasi fungsional. Kecelakaan di tol Palindra tahun ini saat mudik pun nihil. Kita imbau kepada pengendara untuk tetap berhati-hati,” ujar dia.

Lihat Juga :  Bunga Bangkai Setinggi Dua Meter Ditemukan Tumbuh di Desa Pelang Kenidai, Pagaralam

Beberapa penghambat yang sering menyebabkan kemacetan, ujar Darwan, yakni kartu e-tol milik pengemudi yang tidak terisi atau pun tidak memiliki kartu. Pihaknya terus melakukan sosialisasi serta mengimbau untuk mengisi kartu tersebut sebelum menggunakan tol untuk menghindari kemacetan.

“Masih ada kemacetan di gerbang tol tapi tidak signifikan. Kebanyakan disebabkan oleh penggunaan e-tol yang kurang lancar. Kami imbau kepada pengemudi untuk memastikan kartunya terisi dan saldo cukup sebelum melintas di jalan tol,” ungkap dia. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*