2 TPS Pemilu Lanjutan di Palembang Sepi

TPS 11 Kelurahan Lawang Kidul Gelar Pemungutan Suara Susulan. (Istimewa)

MATA ANGIN — Sebanyak 2 tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Palembang menggelar pemungutan suara lanjutan (PSL), Minggu (21/4/2019). Dua TPS tersebut yakni TPS 036 di Kelurahan 2 Ilir dan TPS 011 di Kelurahan Lawang Kidul, Kecamatan Ilir Timur II, Palembang.

TPS tersebut menggelar PSS dikarenakan pada hari pemungutan suara 17 April kekurangan surat suara capres-cawapres lebih dari 100 surat suara. Dari total 288 daftar pemilih tetap yang ada di TPS 036, surat suara hanya tersedia 182. Sebanyak 100 personil keamanan disiagakan di masing-masing TPS untuk memastikan kelancaran PSS.

Berdasarkan pantauan TPS 11 yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Lorong Sepakat terlihat sepi.  Ketua KPPS TPS 011 Mukmin berujar, sepinya warga yang datang ke TPS karena bertepatan dengan hari libur. 

“Hari Minggu jadi warga banyak yang pergi ke undangan atau ada urusan lain. Selain itu juga karena masih pagi. Mungkin agak siang, warga akan mulai ramai yang datang ke TPS,” ujar dia. 

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel Yenli Elmanoferi mengatakan, pihaknya merespon baik diadakannya pemilu lanjutan ini karena sesuai dengan rekomendasi yang diberikan dari Bawaslu kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Lihat Juga :  Ribuan Tempat Tinggal Warga Terendam Banjir di 3 Kabupaten Sumsel

“Kemarin ada logistik yang kurang, Bawaslu selaku penjaga hak pilih tentu merespon baik dan sudah sewajarnya masyarakat menginginkan pemilu yang menyuarakan hak rakyat. Kami bersama Panwascam dan PPK masih mengkaji terkait permasalahan kekurangan surat suara. Kota Palembang potensinya ada 25 TPS, tapi ada yang diselesaikan di hari itu juga menambah surat suara dari TPS lain yang lebih,” ujar dia.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Palembang, Abdul Malik menyebut terkait permasalahan kekurangan logistik surat suara yang terjadi di sejumlah TPS di Kota Palembang sedang dipelajari pihaknya. 

“Sementara ini baru dua TPS yang melakukan pemilu lanjutan, terkait kekurangan surat suara yang terjadi di beberapa TPS sedang kita pelajari,” ujar dia. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*